38. Mengadakan Persiapan Untuk Bayi

Mengadakan persiapan untuk kehadiran seorang bayi adalah suatu pengalaman yang indah bagi kedua orang tua. Pengalaman itu merupakan sebagian dari kegenapan pernikahan. Sembilan bulan menunggu hendaknya menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan yang dipenuhi dengan rencana-rencana yang menggembirakan untuk keluarga yang mendatang. Usahakanlah menikmati sepenuhnya.

Tanda-Tanda Kehamilan
Bagaimanakah caranya mengetahui bahwa anda sudah mengandung? Jika haid anda "teratur", tanda mula-mula ialah berhentinya haid. Pada waktu yang sama, anda mungkin merasa amat gembira dan payudara mulai membesar. Wanita-wanita yang tegang dan gugup mungkin merasa mual di waktu pagi. Muntah-muntah sedikit pada tahap permulaan ini bukanlah sesuatu yang luar biasa. Ini tidak serius. Alam hanya mengadakan beberapa penyesuaian yang normal, dan ini segera akan lalu.

Jika haid sudah berhenti, sudah waktunya untuk pergi kepada dokter. Ia akan mengadakan beberapa prosedur laboratorium, seperti pemeriksaan darah lengkap dan kecing. Ia akan memeriksa jantung dan paru-paru anda juga untuk memastikan bahwa anda dalam keadaan baik. Ia akan memeriksa tinggi, berat, tekanan darah dan denyut nadi anda, apakah Rh positif atau Rh negatif, karena ini dapat mempengaruhi bayi. Dokter anda harus benar-benar sanggup dan amat disegani dalam masyarakat, karena satu waktu anda akan membutuhkan pertolongannya.

Anda harus pergi ke dokter sekurang-kurangnya sekali sebulan selama empat atau lima bulan berikutnya, dan sesudah itu setiap dua minggu sampai bayi lahir. Setiap kali air seni harus diperiksa untuk memastikan bahwa ginjal anda berjalan dengan baik.

Perhatikanlah Berat Badan Anda
Bayi tumbuh dari apa yang anda makan. Sebab itu anda harus bijaksana dan memilih hanya makanan-makanan yang akan memelihara kesehatan bayi itu. Makanan harus mengandung banyak mineral dan vitamin, karena makanan yang kurang baik dapat mempengaruhi hidup pada tahun-tahun mendatang dan dapat pula menyulitkan anda.

Susu dan hasil-hasil pabrik susu lainnya menolong memelihara kesehatan anda. Makanan ini menyediakan calcium untuk bayi, dan juga melindungi gigi dan tulang anda. Mentega, keju, susuk bubuk, susu kental merupakan sumber protein yang baik. Masaklah baik-baik susu itu untuk membunuh kuman-kuman berbahaya.

Anda memerlukan juga besi. Kurang darah biasanya dialami selama masa mengandung. Tetapi justru inilah waktunya bayi itu perlu juga menyimpan banyak persediaan besi di limpa nya sendiri, siap untuk digunakan di masa yang akan datang. Makanan-makanan yang banyak mengandung banyak besi adalah telur, gandum yang masih berkulit ari, jelai, kedele, kentang, sayur daun hijau, ikan, ayam. dan hati. Dengan adanya bermacam-macam makanan yang dapat dipilih, tidak ada alasan seseorang kekurangan zat besi. Ada baiknya juga anda menggunakan garam yang telah ditambahi jodium atau makanan laut, seperti minyak ikan, untuk memastikan adanya cukup jodium di dalam makanan.

Vitamin-vitamin penting sekali selama masa mengandung, dan juga selama memelihara bayi. Makanan yang seimbang biasanya menyediakan segala vitamin yang anda perlukan. Jika ada kesangsian mengenai keadaan anda, dokter dapat memberikan resep tablet multivitamin yang baik untuk digunakan setiap hari

Gerak Badan
Gerak badan ringan penting sekali selama masa mengandung, tetapi anda jangan sampai terlalu lelah. Pekerjaan rumah yang ringan berguna sekali, tetapi anda harus menyuruh orang lain untuk mengangkat yang berat-berat. Berhentilah dan beristirahatlah sejenak bila anda merasa lelah. Bila sudah tua kandungan anda, ada baiknya berbaring dan beristirahat selama beberapa menit pada pagi dan petang hari.

Bagaimana Dengan Merokok
Merokok tidak baik selama masa mengandung, ataupun pada waktu-waktu lain dalam kehidupan. Asap dari satu cerutu mungkin menambah kecepatan jantung sebanyak 25%  melebihi kecepatan semula. Asap tembakau mengandung racun-racun seperti nicotine. Racun-racun ini masuk ke dalam aliran darah dan akan mempengaruhi bayi. Jika anda belum mulai, jangan mulai.

Minuman Keras
Minuman keras dalam bentuk apa pun menambah beban pada ginjal dan hati, terutama selama masa mengandung. Anda harus mengindari minuman keras dan segala obat keras dan narkotika yang lain. Ingatlah, bir sekalipun mengandung cukup alkohol untuk mempengaruhi anda dan bayi anda

Bagaimana Dengan Kelamin
Hubungan suami istri yang normal barangkali aman selama masa mengandung sampai beberapa minggu terakhir. Tetapi jika sewaktu-waktu persetubuhan tidak menyenangkan, jauh lebih baik menahan diri. Tentu saja jika anda mempunyai infeksi pada panggul, perawatan harus diadakan tanpa beratngguh.

Pemeliharaan Gigi
Gigi membusuk biasa dialami selama masa mengandung, terutama jika makanan kekuarangn calcium. Usahakanlah menemui dokter gigi yang baik pada waktu mulai mengandung, dan suruh perbaiki yang rusak. Jika suatu gigi anda terpaksa dicabut, hal itu harus dilakukan dengan obat pemati rasa setempat. Pemeliharaan gigi yang baik akan menyelamatkan gigi dan roman muka anda.

Pakaian
Jangan memakai sesuatu yang ketat atau yang tidak menyenangkan selama masa mengandung. Pakaian anda hendaknya tergantung dari bahu. Hindarkanlah ikat pinggang atau ikat tungkai yang ketat pada waktu ini. Sepatu tumit rendah yang enak dipakai adalah yang terbaik. Sepatu tumit tinggi mungkin menghilangkan keseimbangan badan, terutama pada masa akhir mengandung.

Mandi
Mandilah seperti biasa tiap-tiap hari. Mandi di bawah pancuran sama baiknya. Pada akhir masa mengandung mandi di bawah pancuran mungkin lebih praktis. Berhati-hatilah jangan sampai tergelincir. Jangan menggunakan pencuci liang senggama kecuali dokter menyuruh memakainya. jangan manjakan dirimu sendiri. Mengandung adalah proses normal. Dari segala pengalaman manusia, pengalaman inilah yang paling menggembirakan. Tenang saja dan senangkanlah dirimu. Anda tidak perlu takut, karena alam telah menyediakan segala sesuatu untuk anda.

Tanda-Tanda Bahaya
Jika pada suatu waktu anda merasa kurang enak badan, hubungilah dokter dengan segera, terutama jika anda meenderita nyeri. Muntah-muntah biasa dialami pada permulaan masa mengandung, tetapi jarang selama bulan-bulan selanjutnya. Usahakanlah menemui dokter jika anda merasakan sesuatu yang luar biasa, seperti pembengkakan pada muka, tangan atau kaki. Perasaan pusing dan bintik-bintik pada pemandangan mata dapat membahayakan menjelang akhir masa mengandung. Ini bukan waktunya mengharapkan yang terbaik. Jika anda berpendapat bahwa ada sesuatu yang tidak beres, pergilah kepada dokter tanpa bertangguh.

Kamar Bayi
Jika mungkin siapkanlah sebagian rumah anda tempat bayi dapat tinggal sendirian. Ia selamanya tidur lebih nyenyak di tempatnya sendiri karena kurang terganggu. Kamarnya harus cukup ventilasi, tetapi tidak seharusnya dia tidur di tempat yang terlalu banyak kena angin.

Perlengkapan di dalam kamar harus sederhana, dengan warna yang enak dipandang mata. tempat tidur bayi harus dilampini baik-baik, hangat dan menyenangkan, serta diberi cukup tempat untuk menggeliat dan menyepak-nyepak dan mengembangkan otot-ototnya yang sedang tumbuh. Setelah bayi itu bertambah besar, ia memerlukan sebuah ranjang yang cukup besar dengan satu tepi yang dapat dinaikkan dan diturunkan. Kasur harus keras dan dapat menahan punggungnya dengan baik. Kasur itu harus beralas dengan sesuatu yang tahan air agar tidak ditembusi air kencing. Ia akan tidur lebih nyenyak tanpa bantal

1 comment:

  1. sangat bermanfaat..
    kunjungi juga website kami yang membahas seputar ginekologi andrologi dan penyakit menular seksual.
    jika ingin membaca bahaya dari mani encer bisa klik disini..
    http://m.klinikapollo.com/jenis-penyakit/bahaya-penyakit-mani-encer
    http://m.klinikapollo.com/jenis-penyakit/penyakit-lemah-syahwat

    ReplyDelete